Friday, December 27, 2013

proliga 2014

proliga 2014


Liputan6.com, Jakarta : Turnamen bola voli semiprofesional BSI Proliga 2014 akan bergulir lebih awal. BSI Proliga 2014 akan berlangsung pada 10 Januari hingga 16 Maret 2014. Gelaran tahun depan lebih awal sebulan dari pada 2013.

"Lebih awal untuk menghindari pemotongan jadwal karena ada pemilu. Konsekuensinya jadwal pun jadi lebih ketat dan tidak ada libur," kata Direktur Proliga Hanny Surkatty, Rabu (4/9/13) di Jakarta.
Sebanyak 6 tim putra dan 7 tim putri dipastikan akan berlaga di perhelatan Proliga 2014. Adapun keenam tim putra tersebut adalah Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Solo Bank Jateng Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Electric PLN.
Sedangkan 7 tim putri yakni Jakarta Popsivo Polwan, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta Electric PLN, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Bank DKI.
Terdapat dua nama tim baru dan satu tim yang kembali berlaga di kompetisi berhadiah Rp1 miliar ini. Di tim putra, ada tim Jakarta Bank DKI yang kembali tampil di Proliga setelah terakir kali berpartisipasi tahun 2006.
Sedangkan di tim putri ada perubahan nama Solo Bank Jateng yang awalnya Semarang Bank Jateng dan Jakarta Pertamina Energi (awalnya Jakarta Pertamina).

"Kami kembali tampil karena ingin ambil bagian dalam proses pembinaan bola voli tanah air. Voli kita sedang dalam kondisi kurang baik dan dengan kembalinya kami berkompetisi mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan olahraga ini," ujar Zulfarsyah, manajer Jakarta Bank DKI, di Jakarta.
Sementara kota penyelenggaraan direncanakan akan digelar di Kendal, Jawa Tengah dan Kabupaten Buleleng, Bali. BSI Proliga juga libatkan 3 wasit internasional, masing-masing Agung Purwanto, Raditya, dan I Made Sudianyana. (Def)
Rencana BSI Proliga 2014:
Jumlah peserta: 7 tim putri dan 6 tim putra
Waktu penyelenggaraan: 10 Januari- 16 Maret 2014
Jumlah Putaran: 2
Jumlah Seri: 6 (1 putaran 3 seri)
Final four: 2
Grand final: 16 Maret 2014


proliga 2014


Proliga 2014 Akan Dimulai Lebih Cepat karena Pemilu Mercy Raya - detikSport Jakarta - Kompetisi bola voli Indonesia Proliga akan kembali digelar tahun depan. Waktu pelaksanaan kompetisi berhadiah Rp 1 miliar itu harus disesuaikan dengan adanya Pemilihan Umum (Pemilu). Jika pada tahun 2013 ini Proliga dimulai pada bulan Februari maka pada tahun depan kompetisi tersebut akan mulai bergulir pada bulan Januari. "Jadwal ini kami majukan karena tahun depan ada pemilu," kata Direktur Proliga Hanny S. Surkatty ketika ditemui di kantor Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, Pancoran, Rabu (4/9/2013). Untuk Proliga 2014 total 13 tim akan beradu kekuatan di delapan kota pada kurun waktu 10 Januari-16 Maret 2014. Dari 13 tim itu, tujuh di antaranya adalah tim putra, yaitu Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Solo Bank Jateng, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Electrik PLN. Sementara di bagian putri terdiri dari enam tim yakni Jakarta Popsivo Polwan, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta Electric PLN, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, dan Jakarta Bank DKI. Terdapat dua nama tim baru dan satu tim yang kembali berlaga di kompetisi itu. Di tim putra ada tim Jakarta Bank DKI yang kembali tampil di Proliga setelah kali terakhir berpartisipasi tahun 2006. Sedangkan di tim putri ada perubahan nama Solo Bank Jateng yang awalnya Semarang Bank Jateng dan Jakarta Pertamina Energi yang awalnya Jakarta Pertamina. "Sebenarnya masih banyak klub-klub lain yang ingin ikut turnamen ini. Tapi pendaftaran sudah tutup sejak 30 Juli lalu, jadi tidak bisa," ujar Hanny Proliga tahun ini juga mengubah peraturan terkait perekrutan atlet asing. Jika di tahun sebelumnya Proliga membolehkan satu tim merekrut tiga pemain asing, kini tim maksimal cuma boleh merekrut dua pemain asing. "Sebenarnya lebih kepada pemanfaatan yang sudah ada. Lagi saya lihat. Prestasinya kurang juga, pemain ketiganya juga engga main, lebih banyak jadi cadangan. Lebih baik kasih kesempatan untuk pemain lokal yang sudah ada," jelas Hanny.



proliga 2014



Pekanbaru Jadi Tuan Rumah Proliga 2014 Kategori: Berita PEKANBARU: Kota Pekanbaru kembali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara evnt olahraga nasional. Kali ini Pekanbaru tunjuk menjadi tuan rumah Turnamen Voli Proliga 2014 yang akan digelar 10 Januari hingga 16 Maret 2014. Semula penyelenggaraan Turnamen Voli Proliga 2014 ini akan digelar di Palembang. Namun kemudian dipindahkan ke Pekanbaru. "Ini menjadi suatu kehormatan bagi Pekanbaru yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah," ungkap Ketua V PBVSI Bidang Pertandingan, Kombes Pol R Adang Ginanjar, Jumat (29/11) di Pekanbaru. Dia menyebutkan ditetapkannya Pekanbaru sebagai tuan rumah berdasarkan keputusan rapat PBVSI di Jakarta beberapa waktu lalu. Pelaksanaan Proliga ini sengaja dipercepat guna menghindari bentrok dengan waktu pelaksanaan pemilihan umum. Dalam rapat itu, menurut dia, selain ditetapkan Pekanbaru menjadi tuan rumah, juga peratutannya sedikit mengalami perubahan. Untuk pemain asing saat bertanding hanya diperbolehkan bermain dua orang. Untuk peserta putra terdiri dari Bank Sumsel Babel, BNI 46 Jakarta, Surabaya, Samator, Solo Bank jateng, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Elejtronik PLN. Untuk peserta putri terdiri dari jakarta Pibsivo Polwan PNG, Wanokwari valeriya Papua Barat, Jakarta Elektrik PLN, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Bank DKI. Adang Ginanjar yang juga Kapolreta Pekanbaru ini berharap penyelenggaraan Proliga di Pekanbaru itu dapat berjalan lancar dan sukses. Dia juga berharap seluruh masyarakat turut meramaikan even nasional ini.


proliga 2014


Solo Bank Jateng Mulai Latihan Intensif Jelang Proliga 2014 SEMARANG -- Tim bola voli Solo Bank Jateng mulai menjalani latihan intensif untuk mempersiapkan diri tampil pada kompetisi bola voli profesional Proliga 2014 yang dijadwalkan pada Januari 2014. Beberapa pemain yang sudah terlihat menjalani latihan di GOR Akpol, Semarang, Kamis, di antaranya Ramzil Huda, Joni Setiawan, Bayu Bastian, Iwan Arso, Miko Fajar Bramantyo, Sudiarto, Sunarwan. Mereka menjalani latihan di bawah asuhan pelatih Rohadi Mulyo. Pemain lainnya seperti Endang Safei, kata Rohadi, masih mengurus surat pindah dari Alko Bandung. Sedangkan, Zainuddin dan Ari diperkirakan baru bergabung pada Desember mendatang. Menurut pelatih yang sukses membawa tim ini menjadi runner-up Proliga 2012 tersebut, timnya juga akan kedatangan dua pemain asing asal Brasil yaitu Cristiano Ferrerira dan Legrand pada awal Desember 2013. Ia menambahkan dirinya belum bisa melihat kekuatan timnya secara menyeluruh karena komposisi pemainnya belum lengkap. Jika materi pemain sudah lengkap, dia sejatinya berencana membawa pemain ke Jakarta untuk menjalani pertandingan uji coba melawan timnas yang tengah dipersiapkan tampil pada SEA Games 2013 Myanmar. "Rencana kami, pertandingan uji coba dilaksanakan 27 November tetapi sepertinya tidak bisa karena pemainnya belum lengkap," katanya.


proliga 2014






Kuota Pemain Asing Proliga 2014 Dipangkas

Pertandingan voli turnamen Proliga (ilustrasi)

 JAKARTA -- Kuota pemain asing pada kejuaraan bola voli terbesar di Indonesia, BSI Proliga 2014 dikurangi demi efektifitas dan memperbanyak peluang pemain lokal untuk menunjukkan kemampuannya.

"Tahun lalu kuota pemain asing ada tiga, namun yang dimainkan hanya dua. Maka, demi efektifitas kuota pemain asing dikurangi sesuai dengan regulasi baru yang ada," kata Direktur Proliga Hanny S Surkatty di Jakarta, Rabu (4/9).

Menurut dia, dengan adanya pengurungan kuota pemain asing bisa dipastikan persaingan antar tim peserta Proliga 2014 akan jauh lebih ketat. Apalagi pemain lokal saat ini juga telah menunjukkan kemampuan terbaikknya.

"Satu dari dua pemain asing bisa diganti menjelang pertandingan putaran kedua," katanya.

BSI Proliga 2014 akan diikuti enam tim putra yaitu juara bertahan Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Solo Bank Jateng yang sebelumnya bernama Semarang Bank Jateng, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Electric PLN.

"Untuk Jakarta Sananta tidak turun di tahun ini karena hingga waktu pendaftaran ditutup akhir Juli lalu tidak ada konfirmasinya," kata Hanny S Surkatty.

Sedangkan putri jumlah timnya sama dengan tahun lalu yaitu tujuh tim yaitu Jakarta Popsivo Polwan, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta Electric PLN, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Bank DKI.
Pengurangan pemain asing ditanggapi dengan posistif oleh Manajer Surabaya Samator, Hadi Sampurno. Menurut dia, pengurangan kuota pemain asing akan berdampak positif bagi pemain lokal meski dipastikan membuat pemainnya saat ini lebih sibuk. Apalagi banyak yang memperkuat timnas.

"Sebenarnya kami justru lebih setuju jika hanya satu pemain asing, karena pemain lokal semakin banyak yang harus merasakan kompetisi ini. Namun, kami akui bahwa kehadiran pemain asing diperlukan untuk menambah pengalaman," katanya.

Pelaksanaan Proliga  direncanakan mulai Januari hingga Maret. Waktu yang ditetapkan ini maju dari jadwal sebelumnya yang berbenturan dengan pelaksanaan Pemilu 2014.


No comments:

Post a Comment